Sekilas Info
Loading...
5 Mei 2022

Wasantara sebagai Landasan Konsepsi Ketahanan Nasional

Wajah Wawasan Nusantara (Wasantara) dalam pengembangannya dipandang sebagai konsepsi politik ketatanegaraan dalam upaya mewujudkan tujuan nasional. Sebagai suatu konsepsi politik yang didasarkan pada pertimbangkan konstelasi geografis, wawasan nusantara dapat dikatakan merupakan penerapan teori geopolitik dari bangsa Indonesia. Dengan demikian wawasan nusantara selanjutnya menjadi landasan penentuan kebijaksanaan politik negara.

Wasantara sebagai Landasan Konsepsi Ketahanan Nasional
 

Wasantara sebagai Landasan Konsepsi Ketahanan Nasional

Dalam perjuangan mencapai tujuan nasional akan banyak menghadapi tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan, baik yang datang dari luar negeri maupun dari dalam negeri sendiri. 

Untuk menanggulanginya dibutuhkan suatu kekuatan, baik fisik maupun mental. Semakin tinggi kekuatan tersebut maka semakin tinggi pula kemampuannya. Kekuatan dan kemampuan inilah yang diistilahkan ketahanan nasional. 

Semakin tinggi ketahanan nasional yang dapat dicapai maka semakin mantap pula kesatuan dan persatuan nasional. Semakin mantapnya persatuan dan kesatuan nasional berarti semakin dekat kita dalam mencapai tujuan nasional. 

Berdasarkan rangkaian pemikiran yang demikian itu, maka ketahanan nasional diar-tikan sebagai konsepsi pengaturan dan penyelenggaraan dalam mencapai persatuan dan kesatuan nasional dalam rangka keseluruhan mencapai kesejahteraan dan keamanan nasional. 

Bertolak dari pandangan ini maka ketahanan nasional merupakan geostrategi nasional, untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditegaskan dalam wawasan nusantara.

Ketahanan nasional ini perlu dibina, dipelihara dan ditingkatkan dengan berpedoman pada wasantara (wawasan nusantara) yang juga serentak untuk memberi isi kepadanya.


Wasantara sebagai Landasan Konsepsi Ketahanan Nasional

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top