Sekilas Info
Loading...
19 Jan 2022

5 Perbedaan IELTS dan TOEFL yang Perlu Kalian Ketahui

Ingin melanjutkan studi ke luar negeri atau di dalam negeri? Atau ingin bekerja di perusahaan multinasional di Indonesia?

Maka langkah awal yang mesti anda perhatikan adalah mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang dibuktikan dengan sertifikat ielts dan toefl, namun sebelum melakukan test ada baiknya mengikuti kursus IELTS terlebih dahulu di Eduversity.co.id.

Sertifikat ielts dan toefl saat ini merupakan hal yang wajar, dan bahkan menjadi wajib bagi mereka yang ingin bersekolah di kampus-kampus jajaran atas Indonesia, bersekolah ke luar negeri dan bahkan melamar pekerjaan di badan usaha milik negara yang berada di Indonesia.

Selain itu juga diperlukan bagi mereka yang ingin bekerja di perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia.

Perbedaan IELTS dan TOEFL


Perbedaan IELTS dan TOEFL 


Nah, jika anda belum memahami lebih mendalam apa itu ielts dan toefl, maka perlu memahami perbedaan ielts dan toefl terlebih dahulu agar anda tidak salah melangkah.

Keduanya sebenarnya sama-sama tes kompetensi berbahasa inggris yang paling banyak digunakan di Indonesia dan juga dunia.

Namun, seiring berjalannya waktu, nantinya anda akan menemui bahwa selain ielts dan juga toefl anda akan menemukan ada juga toeic dan juga tes tes kemampuan sejenis dan berbasis akademik dengan peruntukan yang berbeda. Jadi biar tidak salah melangkah, maka perhatikan penjelasan berikut ini.

Apa itu IELTS?


Ielts adalah tes kompetensi bahasa inggris yang dikeluarkan oleh British Council United Kingdom (Inggris Raya). tes ini disebut dengan akronim Internasional English Language Testing System yang sertifikatnya di terima di seluruh negara-negara di dunia, terutama di negara persemakmuran Inggris menjadi sertifikat utama.

Apa itu TOEFL?


Sementara TOEFL sendiri adalah tes kompetensi berbahasa inggris yang dikeluarkan oleh Educational Testing System (ETS) Amerika. Karena TOEFL Merupakan produk Amerika, maka sertifikat ini juga diterima secara luas di negara Amerika bersandingkan dengan IELTS.

Selain itu TOEFL juga digunakan secara luas di negara negara berkembang seperti Asia dan Afrika, sementara untuk negara negara maju Eropa lebih dekat dengan Inggris menggunakan ielts.

Apa saja hal hal mendasar perbedaan ielts dan toefl?


Secara mendasar, perbedaan ielts dan toefl sebagai tes alat ukur kemampuan berbahasa inggris tidaklah terlalu jauh. Ielts mengukur kemampuan kognitif membaca, menulis, hingga berbicara begitu juga standar toefl. Hanya saja skor yang digunakan berbeda dan juga peruntukannya.

Nah, agar anda memahami perbedaan ielts dan toefl secara lebih mendalam, maka berikut beberapa perbedaan ielts dan toefl yang perlu kalian ketahui sebelum mengambilnya:

1. Perbedaan ielts dan toefl secara karakter adalah: ielts dikeluarkan oleh Inggris jadi jika anda mengambil ielts akan menemukan gaya aksen Inggris (British) dalam soal-soal listening mereka.

Berkebalikan dengan TOEFL yang dikeluarkan Amerika, american accent akan anda temui dalam listening dan juga dalam soal-soal cerita reading yang berbicara sejarah amerika.

2. IELTS hanya memiliki satu jenis tes saja, sementara TOEFL memiliki beragam jenis tes mulai dari toefl paper based test, toefl institutional testing program hingga internet based test. Perbedaan ielts dan toefl dalam hal ini bisa anda sesuaikan peruntukannya untuk apa saja.

3. Biaya test ielts bervariasi tetapi di atas 2 juta, begitu juga untuk toefl berjenis internet based test berada di atas 2 juta.

Namun, untuk toefl paper based test dan institusional testing program lebih murah berada dibawah 1 juta.

Perbedaan ielts dan toefl soal harga ini karena untuk ielts dan toefl internet diperuntukkan untuk keperluan internasional. Sementara sisanya hanya digunakan di dalam negeri.

4. Jika anda ingin bersekolah dan bekerja di luar negeri, maka IELTS dan TOEFL Internet based lebih diterima dan diperlukan ketimbang TOEFL Paper based test maupun institutional testing program.

Sementara berkebalikannya, jika anda ingin kuliah di ugm, ui atau itb, maka menggunakan toefl paper based test dan institutional testing program saja sudah lebih dari cukup.

5. Sesi test ielts dan toefl internet based memiliki lima sesi ujian yang sama, yaitu listening, speaking, writing dan juga reading.

Sementara lagi lagi perbedaan ielts dan toefl terletak pada toefl paper based test dan institusional testing program yang hanya memiliki tiga sesi saja yaitu listening, grammar dan juga reading.

Perbedaan ielts dan toefl ini perlu anda perhatikan peruntukannya agar anda tidak membuang uang dan waktu.

Perhatikan permintaan dari institusi yang akan anda lamar apakah meminta ielts atau toefl, dan kalau toefl jenis apa saja yang diminta.


5 Perbedaan IELTS dan TOEFL yang Perlu Kalian Ketahui 

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top