Sekilas Info
Loading...
10 Mei 2019

Sabun Transparan Untuk UMKM

Bagi para pelaku UMKM (usaha Mikro, Kecil dan Menengah) ada sebuah peluang usaha berbisnis consumer goods yaitu sabun transparan. Sabun merupakan barang konsumsi yang selalu dibutuhkan. Apalagi jika memiliki keunikan dan keunggulan seperti Sabun transparan ADEV Natural.

Sabun Transparan Untuk UMKM


Sabun transparan menggunakan bahan baku sama seperti pembuatan dengan sabun mandi biasa lainnya yaitu hasil reaksi penyabunan antara asam lemak dengan basa kuat (hanya saja penampakan sabun ini transparan).

Seperti sabun transparan adev natural, pada dasarnya bahan alami pembuatan sabun adalah asam lemak. Asam lemak bersama gliserol (suatu trihidroksi alkohol yang terdiri atas 3 atom karbon) membentuk trigliserida (salah satu jenis lemak).

Trigliserida inilah yang direaksikan dengan alkali membentuk garam (berupa sabun). Reaksi ini disebut dengan reaksi penyabunan karena merupakan reaksi penggaraman atau penetralan dengan tujuan membentuk sabun.

Untuk membuat sabun transparan diperlukan bahan berupa:
  1. Minyak digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan sabun transparan
  2. NaOH digunakan sebagai katalis dalam pembuatan sabun transparan
  3. Asam stearat digunakan untuk membantu mengeraskan sabun dan mengatur busa sabun
  4. Penambahan etanol berfungsi untuk melarutkan sabun sehingga menjadi transparan
  5. Penambahan gliserin berfungsi untuk melembabkan kulit
  6. Gula pasir berfungsi untuk membantu transparansi sabun
Penambahan pewangi dan pewarna bertujuan agar sabun yang dihasilkan beraroma wangi dan warna lebih menarik. Sedangkan faktor yang mempengaruhi transparansi sabun adalah kualitas gula, kandungan alkohol dan gliserin. Oleh karena itu pemilihan material tersebut dipertimbangkan dengan warna dan kemurniannya.

Bisnis sabun transparan


Usaha bisnis sabun transparan tidak harus memproduksi sendiri dengan membangun pabrik, menyiapkan bahan baku maupun membuat perizinan usaha. 

Saat ini PT. Adev Natural Indonesia sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Maklon Kosmetik dan Personal Care siap membantu usaha mikro, kecil dan menengah yang ingin mengembangkan usaha bisnis sabun transparan maupun jenis sabun lainnya.

Sabun Transparan Untuk UMKM
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top