Sekilas Info
Loading...
28 Jun 2020

Kegunaan VPS Untuk Website

Bagi yang sudah pengalaman dalam dunia blog ataupun website tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah VPS ini. VPS atau singkatan dari Virtual Private Server ini sendiri bisa disebut sebagai server pribadi pada website. Karena bersifat pribadi maka server ini hanya dijalankan oleh satu orang saja dan tidak bisa dipengaruhi oleh orang lain. Oleh sebab itu, penggunanya secara bebas mengelola semua konfigurasi pada server tersebut.

Kegunaan VPS Untuk Website


Keberadaan VPS memang masih kurang popular jika dibandingkan dengan shared hosting. Saat ini pengguna website memang kebanyakan menggunakan shared hosting. Selain karena memiliki harga yang lebih terjangkau, proses pengoperasian dari shared hosting terbilang cukup mudah.

Pada dasarnya, kehadiran VPS atau Virtual Private Server memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dengan shared hosting. Terlebih untuk persoalan performa pada website. Jika Anda masih menggunakan shared hosting dan berniat untuk beralih ke VPS, informasi mengenai fungsi dan manfaat VPS berikut ini mungkin akan berguna untuk Anda.

7 Fungsi dan Kegunaan VPS Untuk Website 


1. Meningkatkan Performa Website Bertraffic Tinggi

Jika blog yang saat ini Anda kelola telah memiliki traffic yang super tinggi, maka ada baiknya untuk segera beralih ke layanan VPS. Penggunaan shared hosting pada sebuah website yang sudah memiliki traffic dalam jumlah besar bisa mengakibatkan suspense domain dan menganggu kinerja website Anda. Beberapa provider pada dasarnya akan memberikan notifikasi jika website yang Anda kelola telah memiliki traffic yang sudah sangat besar. Namun, Anda juga perlu untuk rutin memeriksa jumlah traffic pada website Anda sehingga bisa menentukan kapan saat yang tepat untuk segera beralih ke VPS. Saat ini sudah banyak provider VPS yang berkualitas dan terpercaya, salah satunya ialah VPS dari domainesia.com. Jadi, jika dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk beralih layanan maka silahkan mengunjungi situs domainesia.

2. File Hosting

Beberapa situs untuk menyimpan file memang sudah beraneka ragam jenisnya hari ini. Sebut saja Google Drive, Mediafire, Zippy Share, dan jenis penyimpanan file lainnya. Nah, VPS ini juga memberikan kemudahan untuk Anda dalam melakukan penyimpanan file yang berukuran sangat besar. Anda bisa menaruh berbagai jenis dan ukuran file ke dalam website hanya dengan menggunakan VPS sehingga para pengunjung website Anda juga dapat mengakses file tersebut. Fitur penyimpanan file dengan ukuran besar ini memang hanya terdapat pada layanan VPS. Oleh sebab itu, jika Anda adalah pengguna shared hosting maka ada baiknya untuk beralih ke VPS.

3. Web Hosting Skala Kecil

Layanan VPS juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha dalam pembuatan website. VPS akan memberikan kemudahan untuk melakukan web hosting pada klien-klien Anda. Tak hanya itu, Anda juga memiliki akses kontrol secara penuh terhadap semua website yang menggunakan jasa Anda.

4.Remote Desktop

Manfaat lain dari kehadiran VPS pada website ialah hadirnya akses remote desktop. Anda bisa mengakses komputer maupun server secara remote meskipun berada di lokasi yang lain.

5. Server Percobaan

VPS juga memiliki fungsi sebagai server percobaan. Terlebih jika Anda sedang fokus mengembangkan software, framework maupun sistem operasi lainnya. Beberapa orang sebenarnya menggunakan dedicated server tetapi memiliki harga yang cukup mahal. Oleh sebab itu, VPS bisa menjadi pilihan yang tepat untuk website Anda. Meskipun memiliki harga yang lebih murah akan tetapi fitur-fitur yang disediakan oleh VPS sudah cukup memadai untuk server percobaan. Layanan VPS yang murah serta berkualitas tersebut bisa Anda dapatkan di domainesia.com. Berbagai harga dan promo menarik hosting dan domain juga bisa Anda dapatkan di tempat ini.

6. Layanan VPN Pada VPS

Beberapa orang juga menggunakan VPS untuk memanfaatkan VPN di dalamnya. VPN atau Virtual Private Network ini merupakan koneksi secara pribadi yang bisa menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lainnya tetapi hanya bisa digunakan oleh pengguna yang telah terdaftar dalam sambungan. Karena layanan VPN bersifat pribadi maka kebanyakan penggunanya adalah perusahaan-perusahaan maupun organisasi yang bertujuan untuk menyimpan data atau dokumen-dokumen yang bersifat rahasia dan penting.

7. Layanan Backup Data

Tidak bisa dipungkiri jika semua website memiliki resiko kehilangan data-datanya. Hal tersebut disebabkan adanya kesalahan sistem konfigurasi ataupun karena website disadap oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, demi mencegah kasus seperti itu maka layanan backup data dari VPS sangat diperlukan oleh sebuah website. Terlebih jika website tersebut milik sebuah perusahaan besar maupun instansi pemerintahan. Dengan adanya backup data maka data-data di dalam website dapat tersimpan aman pada server utama.

Berbagai jasa penyedia VPS sudah banyak tersebar di tanah air dan salah satunya ialah VPS dari domainesia.com. VPS DomaiNesia memberikan pelayanan terpercaya dan kualitas yang handal sehingga sangat cocok untuk kebutuhan website Anda.


Kegunaan VPS Untuk Website 

Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top