Sekilas Info
Loading...
14 Mei 2020

Tips Menjaga Stamina Saat Puasa Dari Dedi Yudianto

Saat menjalani ibadah puasa, stamina yang fit tentu sangat menunjang kelancaran ibadah Anda. Karena kondisi yang lapar dan haus seharian, maka dimungkinkan akan sedikit sulit menjaga performa stamina agar tetap fit. 

Tips Menjaga Stamina Saat Puasa


Ada banyak cara sebenarnya untuk menjaga stamina pada saat berpuasa. Ir Dedi Yudianto MBA menjelaskan bahwa menjaga stamina saat berpuasa sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Ada banyak yang bisa dilakukan untuk hal ini. Mulai dari mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan stamina atau dengan sekedar mengatur gaya hidup yang lebih baik. 

Untuk lebih detailnya, di bawah ini adalah beberapa tips yang disampaikan oleh Dedi Yudianto untuk menjaga stamina Anda tetap prima.

1. Jangan Tinggalkan Makan Sahur

Makan sahur sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh saat puasa. Kadang kita malas-malasan bangun untuk makan sahur. Padahal makan sahur berperan sangat krusial dalam menunjang stamina Anda tetap prima di kala puasa.

Makanan pada saat sahur hendaknya dipilih yang memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks sehingga perut Anda kenyang lebih lama. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks misalnya adalah nasi merah, roti gandum, singkong, dan ubi.

2. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Istirahat juga memiliki peran yang pentig di dalam menjaga stamina tubuh tetap fit. Istirahat atau tidur yang cukup, meski sebentar, akan membuat tubuh lebih fresh dan tidak lelah. Perlu dipahami, tidur yang cukup bukanlah tidur dalam waktu yang lama. Namun tidur yang nyenyak meski hanya sebentar akan membuat tubuh lebih segar dan nyaman.

Satu tips, jangan biasakan tidur siang yang lama pada saat puasa. Ini justru akan membuat Anda menjadi lemas dan membuat tubuh seperti kehilangan kekuatannya. Sebaiknya tidur siang secukupnya saja dan kemudian dilanjutkan beraktiftas seperti biasanya.

3. Cukupi Asupan Cairan Tubuh

Cuaca yang belakangan cenderung panas ini membuat puasa juga terasa sangat berat. Haus akan sangat menyengat dan ini akan sangat membuat tubuh semakin tersiksa. Jika tubuh Anda tidak memiliki cadangan cairan yang cukup, maka tubuh Anda akan keberatan menyangga kebutuhan cairannya sehingga Anda akan mudah lelah.

Pastikan konsumsi cairan Anda minimal 8 gelas setiap hari nya. Ada baiknya juga dilebihkan untuk cadangan di siang hari. Tidak langsung sekali minum, Anda bisa mencicilnya misalnya dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur. 

Dan jangan lupa Makanan Bantu Kembalikan Stamina Saat Puasa Menurut Dedi Yudianto

4. Olahraga Yang Ringan

Olahraga ternyata juga bagus dilakukan saat bulan puasa seperti juga dilakukan oleh Ir Dedi Yudianto MBA. Namun dengan catatan, olahraga yang dilakukan yang ringan-ringan saja. Jangan memaksakan melakukan olahraga yang berat, karena itu akan sangat berisiko untuk tubuh Anda.

Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur akan sangat bagus sekali untuk menjaga stamina Anda saat puasa. Olahraga ringan itu misalnya jalan-jalan pagi, sekedar bersedekah dan lain-lainnya.


Tips Menjaga Stamina Saat Puasa Dari Dedi Yudianto

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top