Sekilas Info
Loading...
8 Nov 2016

Kemendikbud Mengembangkan Living Curriculum

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tengah mengembangkan konsep living curriculum oleh karena belum puas dengan hasil revisi kurikulum 2013 (K-13).

Kemendikbud Mengembangkan Living Curriculum

Menurut Plt Pusat Kurikulum dan Buku (Puskurbuk) Kemendik‎bud Prof. Ir. Nizam, M.Sc.DIC,Ph.D, konsep pembaruan kurikulum saat ini selalu bongkar total. Mulai dari dokumen kurikulum, silabus, pembelajaran, sampai buku dan lembar kerja siswa berubah semua. Guru harus dilatih ulang secara keseluruhan. Mahal sekali biayanya, ramai sekali hebohnya. Padahal kandungan pengetahuannya sendiri (knowledge content) relatif tetap.

Untuk itu, Prof. Nizam mendorong Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan tim pengembang kurikulum agar menjadikan learning outcomes-nya lebih bermakna dan membumi.

Living Curriculum merupakan sebuah konsep yang lebih mengarah kepada proses pembelajaran holistik yang secara utuh atau menyeluruh dengan melibatkan semua pihak. Selain itu, kurikulum ini bersifat hidup dengan arti disesuaikan dengan kondisi yang ada serta diulang secara iteratif di mana perulangan tersebut akan berhenti jika batasan syarat sudah tidak terpenuhi.

Diharapkan model konsep Living Curriculum yang merupakan sebuah konsep kurikulum yang hidup dengan frame tetap, tapi implementasinya adaptif iteratif‎ ini tidak lagi mengubah total kurikulum yang lama dengan membuat kurikulum yang baru.

Sumber:  http://lenterakecil.com/living-curriculum-akan-dikembangkan-kemendikbud/

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top