Sekilas Info
Loading...
10 Mei 2017

Siswa Diingatkan Ikut Mencegah Hoax

Siswa diingatkan untuk ikut mencegah hoax. Demikian ajakan Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, Wakil Gubenur Jawa Timur. Saat ini internet sangat banyak manfaatnya asalkan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan yang lebih produktif. 

Siswa Mencegah Hoax

Apalagi usia siswa saat ini saat-saat dimana mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar, terlebih mereka bisa menggunakan internet untuk mencari informasi apapun.

Hoax atau berita palsu yang berkembang di media sosial sudah semakin marak, untuk itu jangan langsung ditelan mentah-mentah setiap informasi yang didapat, tapi harus diidentifikasi dulu kebenarannya.

Saifullah Yusuf mengatakan bahwa ada tiga hal penting yang harus dilakukan dalam menangkal berita palsu, yaitu membangun kesadaran pengguna, menutup situs yang berisi berita palsu atau memecah belah, serta membuat narasi balik. 

Internet sehat perlu ditanamkan sejak dini karena di usia remaja mulai intens menggunakan internet.

“Sejak SMA harus dibiasakan menulis sesuatu dengan benar, bukan berita bohong atau hoax. Kita harus bisa memilah mana informasi benar dan mana yang tidak. Mari kita gunakan internet secara sehat dan baik. Bila kita bisa memaksimalkan hal ini, kita bisa meraih kesuksesan,” ungkap Gus Ipul.

Sumber: Lentera Kecil

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top